Pages

Rabu, 02 September 2015

Stratifikasi Pemilik Batu Akik Masa Klasik dan Modern

Oleh: Abd. Haris

Bukan sebuah hal yang taboo lagi jika negeri kita tecinta Indonesia selalu memiliki sebuah benda atau barang yang bernilai mewah namun hanya berlaku sesaat atau bisa disebut sebagai musiman. Benda musiman ini bermacam-macam, mulai dari jenis bunga, hewan peliharaan, hingga saat ini yang menjadi trending topic negeri ini adalah batu akik.



Batu akik dewasa ini menjadi sebuah hal yang istimewa bahkan sering menjadi perbincangan masyarakat mulai golongan rakyat jelata hingga pejabat negara. Awal mula batu akik menjadi hal yang selalu diperbincangkan karena bermula dari banyak orang besar di Indonesia bahkan tak sedikit pula tokoh besar yang terkenal didunia menggunakan batu akik. Tokoh besar di Indonesia yang memakai diantaranya seperti: SBY, Jokowi, Habib Syech, Cak Nun bahkan tak jarang pula artis dan ustadz ternama juga banyak yang menggunakannya. Sedangkan pendorong utama yang membuat banyak orang berminat untuk memiliki batu akik adalah ketika melihat sebuah vidio yang menggambarkan bahwa Barack Obama (Presiden AS) juga menggunakan batu akik yang menurut berita berasal dari pulau Kalimantan.

Fenomena batu akik sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu namun kegemaran masyarakat memiliki perbedaan. Ketika zaman klasik, akik tidak dimiliki oleh semua orang, akik hanya dimiliki oleh segelintir orang yang memiliki kekuatan supranatural seperti dukun, kyai, paranormal dll. Masa klasik ketika orang menggunakan akik, maka yang ditanyakan adalah "kandungan apa yang ada didalam batunya?" selain itu juga ditanyakan "didapatkan dari guru siapa". Hal inilah yang membuat perbedaan tingkatan di masyarakat untuk masalah keilmuan supranatural batu akik menjadi salah satu kecil penanda stratifikasi tersebut.

Masa modern atau masa kini batu akik banyak digunakan sebagai salah satu tanda orang yang berduit. pada masa modern, yang menjadi prioritas utama seseorang yang memilikinya adalah berupa motif apa yang ada didalamnya serta berasal darimana batu tersebut. Kekuatan supranatural yang berada didalamnya sudah tidak menjadi prioritas utama, sehingga menyebabkan ciri khas dari batu akik zaman dahulu atau klasik menjadi hal yang sedikit memudar dan mungkin lama-lama ciri batu akik yang menjadi sedikita tanda orang yang memiliki kekuatan supranatural akan hilang.

zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

0 komentar:

Posting Komentar